Festival Mangga Gedong Gincu

CIREBON Potensi Industri Cirebon tak bisa dipandang sebelah mata. Banyak bidang yang mulai menancapkan capaiannya baik ditingkat lokal, nasional hingga tak sedikit yang berada di level Internasional. Kali ini Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UMKM menghelat Festival Mangga Gedong Gincu 2014 di CSB Mall.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UMKM Kota Cirebon, Yati Rohayati hari Jum’at (28/11) kemarin mengatakan, festival ini merupakan salah satu wujud keseriusan Pemkot Cirebon dalam mengembangkan produk mangga gedong gincu ataupun hasil olahannya. “Pasalnya warga yang menekuni industri ini bukan hanya dalam hal menanam untuk mendapat mangga gedong gincu yang berkualitas saja, tetapi juga inovasi olahan yang akan memiliki nilai lebih di masyarakat, khususnya untuk meramaikan ekonomi kreatif khas Cirebon. Kami coba support agar masyarakat tahu lebih jauh soal potensi mangga gincu,” ujarnya.

Selanjutnya, festival ini akan dihadiri 14 stan dari mitra binaan Disperindag, juga para pegiat UMKM yang bergerak dibidang olahan mangga gedong gincu. Diharapkan, event tersebut bisa menjadi media sharing informasi antar UMKM juga mitra binaan lain soal pengolahan, pemasaran atau hal lainnya. Selain itu acara ini bertujuan mengenalkan lebih dalam produk-produk olahan mangga gedong gincu yang saat ini memiliki nilai ekspor yang sangat bagus. “Semua bisa lihat langsung apa saja hasil olahan dari gedong gincu yang mungkin biasanya kita hanya mengonsumsi buahnya saja. Siapa sangka mangga khas Cirebon ini punya banyak kreasi yang sebelumnya tak terpikirkan tetapi bagus untuk dipasarkan,” jelasnya.

Yati menambahkan, upaya ini tentu perlu dukungan dan peran serta masyarakat secara luas. Tentunya gedong gincu hanya salah satu contoh saja, karena masih banyak industri perdagangan Cirebon yang tak kalah potensial. Mangga gedong gincu yang sangat terkenal ini harus terus dikembangkan bahkan hingga skala Internasional. “Ayo semua warga Cirebon bisa datang dan melihat langsung festivalnya selama tanggal 28 – 29 Nopember ini, siapa tahu ada inspirasi atau ide baru untuk mengembangkan mangga gedong gincu dengan nilai ekonomi lebih tinggi,” imbuhnya.

Sumber : radarcirebon.com

11693 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below