Polres Cek Kelayakan Bus

Satlantas Polres Cirebon bersama dinas terkait melakukan cek kesehatan terhadap pengemudi bus dalam rangkaian persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran, belum lama ini.

TALUN – Jajaran Satlantas Polres Cirebon bersama Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja melakukan pengecekan kendaraan di sejumlah perusahaan otobus yang beroperasi di Kabupaten Cirebon. Para pengemudi kendaraan pun mengikuti serangkaian tes kesehatan untuk dipastikan mereka sehat untuk mengemudi.

Dalam pemeriksaannya di pool PO Setia Negara di Ciperna, tim gabungan itu mendapati mobil-mobil yang ada dalam kondisi perlu perbaikan. Untuk para pengemudinya, dinyatakan negatif dari obat-obatan terlarang dan minuman alkohol. “Untuk para pengemudi, hanya tiga yang ditemukan memiliki darah tinggi, tapi sudah kita berikan obat agar kondisi mereka lebih baik,” tutur Kasat Lantas Polres Cirebon, AKP. Erwin Syah, beberapa waktu yang lalu.

Selanjutnya, pemeriksaan itu sendiri, merupakan salah satu bentuk kontrol pada perusahaan otobus agar siap menghadapi arus mudik dan balik. Pemeriksaan juga merupakan salah satu upaya untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan di jalan raya. “Ini sebagai bentuk kontrol kita pada PO yang ada. Untuk kendaraan yang tidak baik, kita minta segera untuk diperbaiki, sehingga saat arus mudik nanti dalam kondisi prima,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kordinator Penguji Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Eddi Suzendy, menjelaskan, dalam pemeriksaan di PO Setia Negara didapati kendaraan yang bermasalah. Sejumlah bus yang diperiksa ternyata belum diperbaiki pengelola PO. “Kita beri rekomendasi untuk diperbaiki. Tadi ditemukan as setir salah satu bus kurang baik,” tuturnya.

Berikutnya, pihaknya mengimbau kepada setiap Perusahaan Otobus untuk dapat mengikuti standar operasional prosedur yang ada. Sebelum dan sesudah berangkat harus dilakukan pengecekan pada berbagai komponen seperti rem, ban, lampu, komponen pendukung lampu isyarat, tekanan angin dan hal lainnya. Karenas jika kondisi kendaraan prima dan pengemudi dalam kondisi sehat, potensi kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisasi. “Saya juga minta para awak kendaraan untuk mengikuti aturan-aturan yang ada,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Jasa Raharja Cirebon, Lalu Saripudin, mengatakan, keselamatan di jalan raya merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga diharapkan para PO ini bisa menyesuaikan standar operasional yang ada agar tercipta kondisi aman dan selamat. “Kami imbau agar seluruh pengendara bisa mengikuti aturan lalu lintas yang ada,” imbuhnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

4032 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below