CCTV untuk Toilet Umum, Perlukah?

Petisi memprotes kamera CCTV di dalam toilet siswa.
Petisi memprotes kamera CCTV di dalam toilet siswa.

Petisi memprotes kamera CCTV di dalam toilet siswa.

Cirebon24.com – Belum lama ini, media nasional ramai mengulas pemasangan kamera CCTV di toilet umum untuk siswa SMA Negeri 100 Jakarta. Tidak hanya ramai diulas, muncul gerakan petisi dari mayoritas siswa putranya melalui laman Change.org yang intinya menolak keberadaan kamera CCTV tersebut.

Di sisi lain, pihak sekolah mengklaim bahwasanya pemasangan kamera CCTV tersebut, dimaksudkan untuk meminimalisir adanya kegiatan-kegiatan negatif yang dilakukan para siswa putranya, seperti merokok, penyalahgunaan narkoba dan lain sebagainya. Meski demikian, adanya desakan yang kuat dari berbagai kalangan, termasuk dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta agar dievaluasi kembali pemasangan kamera CCTV di toilet siswa, pada akhirnya menjadikan pihak sekolah melakukan pelepasan kamera CCTV tersebut.

Terlepas dari contoh kasus tersebut, tidak dapat dipungkiri keberadaan kamera CCTV pada titik-titik strategis memang telah banyak membantu perihal keamanan lingkungan setempat. Hanya saja, tentu tidak dapat diacuhkan begitu saja adanya nilai-nilai etika dan moral di masyarakat, sehingga pemasangan kamera CCTV pada titik-titik strategis hendaknya tidak mengganggu hak privasi seseorang. Penerapannya tentu jangan sampai terjadi seperti contoh kasus yang telah diutarakan, yakni pemasangan kamera CCTV di dalam ruang toilet siswa maupun umum. Baiknya, kamera CCTV bisa ditempatkan pada lokasi yang berada di luar ruang toilet, semisal mengambil titik gambar pada pintu toilet dari jarak jauh, atau titik lain yang tidak mengganggu privasi pengguna toilet.

Kembali pada kasus kamera CCTV di toilet siswa SMA Negeri 100 Jakarta. Langkah preventif memang telah dijalankan oleh pihak sekolah dalam mengurangi kegiatan negatif siswa-siswanya. Hanya saja, terkait privasi siswanya di dalam ruang toilet, bisa saja lebih mengintensifkan petugas keamanan sekolah melakukan kontrol pada jam-jam rawan tindakan negatif siswa, atau menempatkan toilet siswa tidak di lokasi yang terlalu jauh dari pengawasan guru dan keamanan sekolah, termasuk pula bisa menempatkan perangkat alarm asap untuk mendeteksi keberadaan kegiatan negatif siswa-siswa putra yang diduga merokok di dalam toilet.

Kesimpulannya, meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ekses negatif di tempat umum merupakan tindakan yang diperlukan, termasuk pemasangan kamera CCTV di lokasi-lokasi strategis namun tidak mengganggu privasi orang lain. Pengecualian tentunya untuk pemasangan kamera CCTV yang memang diperuntukkan untuk kebutuhan pribadi, seperti kamera CCTV untuk rumah tinggal, yang biasanya memang ditempatkan pada posisi tersembunyi untuk memantau kondisi hunian dari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (c24mh)

 

Rekomendasi Produk CCTV

 

Artikel Terkait

 

 

5601 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below