7 Fitur Wifi Router yang Paling Dibutuhkan

wifi router wireless router

Dengan WiFi router koneksi internetmu bakal lebih cepat. Karena WiFi router sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung koneksi internet cepat. Kira-kira fitur seperti apa yang pada umumnya dipasang pada WiFi router? Yuk, kita bahas.

1. Dual Band

Kamu pasti sering nemuin yang namanya fitur Dual Band ini. Fitur ini gunanya untuk mentransmisikan data ke dalam dua frekuensi, yaitu:

  • 2.4 GHz, banyak digunakan di gadget-gadget lama yang daya tahannya lebih lemah dan koneksinya lebih lambat, sedangkan

  • 5.0 GHz, banyak digunakan di gadget terbaru yang sistem kerjanya lebih cepat. Tapi, frekuensi ini tidak mendukung di semua smartphone. Hanya smartphone kelas atas saja yang udah menggunakan frekuensi ini.

2. 802. 11 ac

Kalau dibandingkan dengan Wi-Fi standar (802.11n, 802.11g, dan 802.11 b), koneksi 802.11 ac tentu aja lebih bagus, Kinerja fitur yang satu ini nggak perlu diragukan lagi. Internet lebih cepat, juga mampu mendukung di gadget-gadget lama.

3. MU-MIMO

Router dengan router yang sudah dilengkapi MU-MIMO koneksinya jauh lebih cepat. Berjelajah di dunia maya pun juga jauh lebih enak tanpa lemot.

4. Quality of Service (QoS)

Disebut juga Bandwidth control yang gunanya untuk memprioritaskan kecepatan internet pada satu perangkat saja, misalnya smartphone. Dengan kata lain, porsi koneksi internet dapat diatur lebih besar dibandingkan perangkat lainnya.

5. Guest Network

Menjaga password Wi-Fi tetap aman itu perlu supaya kecepatan internet kita nggak dicuri sama orang lain! Dengan fitur ini, kamu bisa mengunci Wi-Fi router utama milikmu. Kalau ada yang minta password, kamu bisa kasih password lain (pada router yang sama), supaya koneksi internet milikmu tidak tergganggu.

6. Gigabit Ethernet Ports

Agar aktivitas menjelajah lebih cepat butuh fitur Gigabit Ethernet Ports. Tapi, pilih yang kecepatannya hingga 1,000 Mbps bukan yang 100 Mbps.

7. External Antennas

Kalau dibandingkan dengan antena internal, antena eksternal tentu lebih baik. Karena sinyalnya lebih kuat, internetnya juga lebih cepat.

Berbicara tentang fitur Wi-Fi router yang paling dibutuhkan saja tidak cukup kalau nggak bahas fitur router yang nggak dibutuhkan. Ini dia fitur router lainnya:

  • Parental Controls

Fitur yang fungsinya untuk membatasi waktu pemakaian Wi-Fi dan memfilter konten atau website yang boleh dijelajah.

  • USB Ports

Router yang dilengkapi dengan kabel USB berfungsi untuk menghubungkan perangkat eksternal untuk bisa akses internet. Fitur ini memang berguna, tapi nggak terlalu dibutuhkan setiap saat.

  • Universal Plug and Play (UpnP)

Merupakan fitur yang berguna untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain hanya dengan koneksi Wi-Fi. Jadi, Sobat bisa mentransfer data ke perangkat lain tanpa bantuan USB, flashdisk, atau bluetooth.

Semoga bermanfaat!

(src)

354 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below