Teknologi Terbaru WPA3, Meningkatkan Keamanan Jaringan Nirkabel

wpa3

Perbaikan dan fitur baru ke WPA (Wi-Fi Protected Access) yang akan membuatnya lebih aman baru saja diumumkan keberadaan oleh Wi-Fi Alliance. Fitur baru ini mencakup perbaikan konfigurasi, otentikasi, dan penyandian di seluruh portofolio untuk memastikan perangkat bersertifikasi Wi-Fi menggunakan perlindungan keamanan mutakhir.

Sebagaimana catatan yang disampaikan oleh Wi-Fi Alliance, WPA2 menyediakan keamanan yang andal yang digunakan dalam miliaran perangkat Wi-Fi setiap hari, dan akan terus digunakan pada perangkat Wi-Fi CERTIFIED di masa yang akan datang.

Wi-Fi Alliance akan terus meningkatkan WPA2 untuk memastikannya memberikan perlindungan keamanan yang kuat kepada pengguna Wi-Fi saat lanskap keamanan berkembang. Perangkat tambahan pengujian baru juga akan mengurangi potensi kerentanan karena kesalahan konfigurasi jaringan, dan selanjutnya menjaga jaringan yang dikelola dengan layanan otentikasi terpusat.

Peluncuran serangkaian fitur baru ini bertujuan untuk menyederhanakan konfigurasi keamanan Wi-Fi untuk pengguna dan penyedia layanan. Setidaknya ada 4 (empat) kemampuan baru WPA3 yang telah ditambahkan secara khusus untuk jaringan Wi-Fi berbasis pribadi dan perusahaan (enterprise) untuk meningkatkan perlindungan keamanan di tahun 2018 yang merupakan bagian dari WPA3 Bersertifikasi Wi-Fi.

Selain ditujukan untuk meningkatkan perlindungan saat pengguna memilih password yang tidak cukup kompleks, salah satu fitur baru tersebut juga membuat proses konfigurasi perangkat lebih mudah saat perangkat tersebut kekurangan informasi layar atau keterbatasan informasi layar yang membuat fitur baru diintegrasikan (ini sangat penting bagi gerakan IoT yang terus berkembang).

Sedangkan fitur baru lainnya ditujukan untuk memperkuat privasi saat menggunakan jaringan terbuka melalui enkripsi data individual. Sebuah suite keamanan 192 bit juga sedang diterapkan untuk lebih melindungi jaringan nirkabel dan untuk memenuhi persyaratan keamanan yang lebih tinggi yang dibutuhkan di beberapa industri.

Menurut Edgar Figueroa, yang saat ini menjabat sebagai Presiden dan CEO Wi-Fi Alliance, keamanan adalah dasar dari program sertifikasi Wi-Fi Alliance, dan pihaknya sangat antusias untuk memperkenalkan fitur baru ke jajaran solusi keamanan Wi-Fi CERTIFIED. Penamaan Wi-Fi CERTIFIED menandakan kalau perangkat Wi-Fi yang ada telah memenuhi standar tertinggi untuk perlindungan interoperabilitas dan keamanan.

Sementara teknologi keamanan Wi-Fi dapat bertahan selama beberapa dekade sehingga layak diperbarui demi memastikan agar bisa memenuhi kebutuhan industri Wi-Fi. Wi-Fi berkembang untuk mempertahankan tingkat keamanannya yang tinggi seiring meningkatnya permintaan industri, tegas Joe Hoffman dari SAR Insight & Consulting.

(src)

258 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below