Es Cuwing Cirebon

es cuwingEs Cuwing adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang berisi cuwing, kelapa, cendol, yang kemudian di siram kuah santan dan gula merah cair, dan diberi es batu sebagai pelengkapnya yang membuat hidangan begitu segar. Bagi warga asli Cirebon, tentu tahu jajanan menyegarkan yang satu ini, walaupun mungkin saat ini penjual es cuwing tidak sebanyak dahulu.

Bagi pembaca Cirebon24 yang belum tahu apa itu cuwing. Cuwing ( cincau ) adalah sejenis tanaman rambat yang daunnya diolah dengan cara diperas dengan tambahan air, dan hasilnya itu yang menjadi bahan utama sebagai isian es cuwing khas Cirebon. Cuwing berwarna hijau gelap, bertekstur mirip agar-agar, licin, rasanya sedikit sepat dan sedikit manis.

Di Cirebon sendiri, saat ini ada penjual es cuwing yang mempunyai tempat berjualan sudah tetap, atau tidak berkeliling. Dahulu, es cuwing biasa dijajakan dengan menggunakan gerobak dorong atau di pikul dan berkeliling  di perkamupungan.

Sesuai namanya, Es Cuwing memang cocok sekali dinikmati di cuaca yang panas, seperti cuaca di kota Cirebon. Sehingga ketika kita menikmatinya, dapat sejenak menghilangkan rasa dahaga akibat cuaca panas. Rasanya manis, segar, dan ada sedikit gigitan yang didapat dari buah kelapa. harganyapun sangatlah terjangkau.

Jadi, bagi pembaca yang belum pernah coba kesegaran es cuwing khas Cirebon,  silahkan  mencoba kuliner khas yang satu ini.

 

( Diolah dari berbagai sumber dan ditulis ulang oleh c24yaz )

8956 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below