PKL Minta Ruang Khusus di Hutan Kota

Posted by: Tags:

 


CIREBON
Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa mengais rezeki di sekitar Hutan Kota Sumber Kabupaten Cirebon, meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk menyediakan lahan khusus di area hutan kota yang saat ini dalam pengerjaan. Pasalnya, keberadaan hutan kota diyakini oleh mereka akan menjadi tempat tujuan warga Sumber dan sekitarnya, saat sore dan malam hari, terutama di hari libur. Terlebih, saat ini di Kabupaten Cirebon tidak ada tempat khusus para PKL dan sentra kerajinan yang bisa dijadikan ikon untuk warga Sumber khususnya, dan Kabupaten Cirebon umumnya.

Seorang PKL sekaligus Tokoh Pemuda Kelurahan Sumber, Salman, hari Kamis (27/11) kemarin, menyatakan, setiap sore hingga malam hari di Hutan Kota Sumber mulai ramai para pedagang, mulai dari penjual mainan, makanan, minuman hingga adanya kuda yang sengaja mencari berkah di hutan kota. Melihat kondisi itulah, semestinya Pemda Kabupaten Cirebon tanggap dan segera membangun ruang khusus untuk para pedagang. “Adanya hutan kota saya rasa sangat bagus bagi masyarakat sekitar. Tetapi dalam hutan kota itu seharusnya ada ruang bagi PKL yang representatif, sehingga masyarakat yang berkunjung kelokasi itu tidak usah repot-repot cari makanan dan oleh-oleh,” ujarnya.

Lebih lanjut Salman menjelaskan, untuk saat ini saja, PKL yang sudah berjualan di Hutan Kota Sumber terdapat sekitar 30 pedagang dan mereka semua warga Kabupaten Cirebon. Mereka biasanya mulai berjualan sejak pukul 15.00 – 17.00 WIB yang menempati Hutan Kota Sumber dengan membangun tenda-tenda darurat. “Dipinggir Hutan Kota bagian belakang dan samping kanan, saya rasa cocok untuk tempat PKL dan saya yakin PKL akan mau menempati dan membayar restribusi serta menjaga kebersihan maupun kemanan di Hutan Kota,” ungkapnya.

Salman menambahkan, dirinya berharap bila pemerintah benar-benar menyedikan tempat untuk PKL, Pemerintah pun harus melihat tingkat keramaiannya. Jangan sampai setelah dibangun tempat tersebut tidak ada pembeli dan ditinggal PKL. “Saya kemarin ikut rapat dengan Satpol PP dan saya kurang sependapat kalau Hutan Kota Sumber dan Taman Kota bebas dari PKL, justru dengan adanya PKL dua lokasi itu menjadi ramai. Walau pun pemerintah berencana menyediakan tempat buat PKL, tapi rencana itu tidak jelas kapan dibangunnya,” tutupnya.

Sumber : cirebontrust.com

7522 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below