Polres Cirebon Gelar Operasi Patuh

SUMBER – Polres Cirebon Kabupaten menggelar Operasi Patuh yang akan digelar pada 27 Mei – 9 Juni 2015. Operasi tersebut digelar sebagai bentuk antisipasi keamanan menjelang bulan Ramadan.

Kapolres Cirebon, AKBP. Chiko Ardwiatto, menjelaskan, Operasi Patuh tersebut digelar serentak se-Indonesia. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dan pengguna jalan dalam berlalu lintas. “Dalam operasi ini kita coba lakukan tindakan persuasif dan edukatif pada para pelanggar. Ketika ada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran fatal, baru kita ambil tindakan represif,” ujarnya usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan, hari Rabu (27/05) kemarin.

Selanjutnya, sasaran dari operasi tersebut, yakni para pengguna jalan yang tidak tertib berlalu lintas. Seperti pengendara yang ugal-ugalan, berhenti sembarangan dan tidak membawa alat kelengkapan kendaraan. Dalam operasi tersebut, seluruh personel Satuan Lalu Lintas, Satgas Bantuan dan Satgas Penindakan lain diterjunkan. “Kita coba lakukan operasi dengan cara hunting atau patroli maupun stasioner atau razia terbuka. Seluruh Polsek akan melakukan operasi ini guna menciptakan ketertiban di Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.

Kemudian, hingga saat ini pihaknya sudah memetakan titik-titik yang menjadi rawan pelanggaran. Untuk pelanggaran rambu, sering terjadi di kawasan Weru dan Sumber. Sementara untuk kelengkapan kendaraan masih sering terjadi di kawasan pedalaman seperti Gegesik dan Susukan. Tidak hanya pelanggaran kendaraan, jika nantinya ditemukan hal-hal lain yang mengganggu kondusivitas, kepolisian juga akan segera melakukan penindakan.

Chiko menambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaannya saat Ramadan nanti. Mengingat berbagai tindak kriminalitas kerap meningkat saat bulan Ramadan. “Saya meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya, khususnya keamanan lingkungan sekitar. Karena biasanya momen Ramadan ini sering dimanfaatkan oknum untuk melakukan tindak kriminalitas,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

 

9262 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below