Yonif 321/Galuh Taruna Siap Antisipasi Kenakalan Remaja

yonif3MAJALENGKABerangkat dari sebuah keprihatinan Pimpinan Tertinggi Angkatan Darat dalam hal ini kesatuan Kostrad akan maraknya kenakalan remaja dan perilaku negatif lainnya, terbitlah Surat Telegram (ST) kepada seluruh Kesatuan Komando Strategis Angkatan Darat atau Kostrad untuk turut berperan serta aktif mensosialisasikan Pendidikan Kesadaran Bela Negara, dimana salah satu penerapannya adalah menyediakan sarana dan prasarana Bumi Perkemahan di dalam lingkungan Kesatuan Kostrad.

Koordinator Penanggung Jawab Kegiatan Perkemahan Batalyon Infantri (Yonif) 321/Kostrad Galuh Taruna Majalengka, Pelda. Sukoco, hari Selasa (25/11) siang tadi mengemukakan, menindaklanjuti Surat Telegram tersebut, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir di Kesatuannya aktif menyelenggarakan dan menyediakan Bumi Perkemahan beserta sarana dan prasarananya. Terlebih, disediakan secara khusus para Intruktur dan Pelatih yang berkompeten dalam bidangnya, termasuk pula menyediakan Pelatih dari anggota Purna Paskibaraka Indonesia atau PPI Kabupaten Majalengka dan juga PPI dari Propinsi Jawa Barat. Selain itu, terdapat pula Instruktur dan Pelatih khusus yang membidangi materi Kesadaran Bela Negara, Ketahanan Fisik dan Mental, Outbond dan lain sebagainya.

Lebih lanjut Sukoco menjelaskan, untuk fasilitas yang disediakan Yonif 321/Galuh Taruna di antaranya adalah area Buper yang luas dan mampu menampung peserta perkemahan hingga lebih dari 1000 orang, yang tersedia kavling berikut tendanya. Kemudian barak-barak militer yang cukup representatif untuk menampung peserta perkemahan jika terjadi kondisi darurat seperti turun hujan selama pelaksanaan perkemahan, Masjid Kompleks Yonif 321, Kamar Mandi dan WC Umum yang cukup banyak tersebar di area buper, kendaraan pengangkut peserta perkemahan dari dan ke lokasi berupa armada truk militer, fasilitas Outbond dengan standar militer, area hiking yang menantang namun tetap aman, perangkat Sound System dan perangkat Multimedia seperti ketersediaan infocus untuk pemutaran film pendidikan maupun film dokumenter, konsumsi umum dengan standar makanan yang sehat dan keamanan yang terjamin selama 24 jam penuh karena berada di dalam lingkungan Komplek Militer.

Sukoco menambahkan, Buper Yonif 321/Galuh Taruna pada saat ini telah cukup dikenal untuk dijadikan sebuah pilihan terbaik lokasi perkemahan bagi sekolah-sekolah se-Wilayah 3 Cirebon hingga Sumedang, Subang dan Brebes. Terkait hal tersebut, pihaknya merasa bersyukur bahwasanya kepuasan dari pihak sekolah yang pernah melaksanakan kegiatan perkemahan di lokasi tersebut, menjadi sebuah bukti bahwasanya pendidikan Kesadaran Bela Negara memang sangat diperlukan pada saat ini, sebagai sebuah benteng pertahanan utama mengantisipasi tingkat kenakalan remaja dan perilaku negatif yang marak terjadi khususnya di kalangan pelajar sekolah. (c24MH)

baca juga :

Perkemahan Pramuka Gudep SMPN 1 Kedawung di Yonif 321/Galuh Taruna

Berkemah Melatih Kesadaran Bela Negara

36256 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below