Ada Feng Shui hingga Kisah Perjanjian Lama di Keraton Kasepuhan

keraton-kasepuhan-cirebon

Suara adzan dari Masjid Sang Cipta Rasa sudah berkumandang mengundang umat Muslim menjalankan ibadah shalat dzuhur. Satu persatu pengunjung Keraton Kasepuhan, Cirebon, beranjak menuju ke arah masjid. Saat kami melangkah melintasi salah satu gerbang Keraton Kasepuhan seorang abdi dalem yang juga pemandu wisata tiba-tiba mengatakan sesuatu.

“Dari gerbang ini sampai ke luar ada Feng Shui-nya lho,” kata Mohammad Maskun, sang abdi dalem.

Feng Shui adalah ilmu topografi kuno China yang percaya bahwa manusia, bumi, dan surga hidup dalam harmoni untuk mendapatkan kebaikan.

“Jika dilihat, dari gerbang ini sampai ke gerbang luar jalannya nggak lurus. Maksudnya, agar rezeki yang datang ke keraton tidak bablas,” papar Maskun sambil tertawa.

Ada kebudayaan China di Keraton Kasepuhan yang adalah sebuah kesultanan Islam? Apakah saya tidak salah dengar?

Ternyata saya tidak salah dengar. Sebab Keraton Kasepuhan ini ternyata kaya dengan akulturasi budaya Islam, Hindu, China dan bahkan Eropa. Posisi Cirebon yang merupakan sebuah pelabuhan, membuat berbagai budaya mudah masuk seiring kedatangan para saudagar dari berbagai penjuru.

Kereta kencana

Kereta Singa Barong ini dibuat pada 1549 oleh Panembahan Losari dan digunakan semua Sultan Cirebon sejak Sunan Gunung Jati. Di dalam desain kereta kencana ini terdapat akulturasi budaya Islam, Hindu dan China.

Keraton Kasepuhan Perjanjian Lama

Keramik-Belanda-di-Keraton-Kasepuhan780x390Keramik-keramik berwarna cokelat ini dibawa ke Keraton Kasepuhan, Cirebon pada sekitar 1745. Keramik-keramik yang berisi cerita para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama dipasang sebagai hiasan di salah satu sudut keraton. Keberadaan keramik-keramik ini semakin membuktikan bahwa keraton menjadi pusat percampuran berbagai budaya.

Demikian ulasan tentang Keraton Kasepuhan sebagai salah satu objek wisata di wilayah cirebon. Apabila anda sedang mencari tempat wisata untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Kuningan atau Indramayu, di Cirebon.biz  tersedia berbagai info Tempat Wisata, baik Wisata Keluarga, Wisata Alam maupun Wisata Budaya dan Religi. Dengan Dilengkapi peta online dan video deskripsi mengenai objek wisata yang akan anda tuju tersebut.

(travel.kompas)

2081 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below