Lezatnya Nasi Jamblang Dibalut Daun Jati Khas Cirebon

Oleh-oleh Cirebon Mami Khas Cirebon - Lezatnya Nasi Jamblang Dibalut Daun Jati Khas Cirebon 6 copy

Wisata & Oleh-oleh Khas Cirebon – Nasi Jamblang atau Sega Jamblang menjadi salah satu kuliner khas yang menjadi identitas bagi masyarakat Cirebon. Bergaya masakan rumah dengan penyajian prasmanan, nasi ini menyediakan setidaknya 40 jenis lauk-pauk untuk dipilih oleh penikmat kuliner nusantara.

Sekilas tidak ada perbedaan yang signifikan antara nasi jamblang dengan nasi putih pada umumnya. Hanya saja, penggunaan daun jati pada nasi jamblang sebagai pembungkus membuat kuliner ini menjadi unik.

Selain itu, penggunaan daun ini juga menghasilkan rasa yang lebih gurih dan aroma yang lebih sedap. Selain itu, daun jati juga berfungsi sebagai penahan agar nasi tidak mudah basi.

Sejarah nasi jamblang berawal saat Belanda masih menjajah nusantara. Saat itu, Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang ke-36 yaitu Herman Willem Daendels membangun Jalan Raya Anyer-Panarukan guna memperlancar komunikasi dan perdagangan antar daerah. Hal ini mengakibatkan wilayah Cirebon ikut terkena dampak dengan pembangunan tersebut.

Ratusan pekerja dikerahkan guna membangun jalan raya ini. Untuk menyuplai makanan, masyarakat dari Desa Jamblang membuat bungkusan nasi yang dibalut dengan daun jati untuk para pekerja. Inilah yang kemudian mendasari penamaan nasi jamblang kebanggaan warga Cirebon.

oleh-oleh khas cirebon - Nasi Jamblang khas cirebon

Informasi Oleh-oleh Khas Cirebon Murah dan Lengkap

Wisata & Oleh-oleh Khas Cirebon – Nasi jamblang pada awalnya hanya menambahkan lauk-pauk sederhana seperti tahu, tempe, dan sambal. Namun seiring berjalannya waktu, lauk pauk nasi jamblang telah bertambah menjadi sekitar 40 jenis panganan.

Ukuran nasi jamblang terbilang kecil dibandingkan dengan nasi bungkus lainnya di nusantara. Namun karena lauknya yang beragam, membuat nasi jamblang menjadi beda dan patut untuk dicicipi. Lauk seperti telur, urap, sate, tempe bacem, tersusun dalam meja panjang bergaya prasmanan khas rumah makan nasi jamblang di Cirebon.

Salah satu warung nasi Jamblang yang terkenal di Cirebon adalah warung nasi jamblang Mang Dul. Terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo, warung nasi ini selalu penuh sesak dengan pecinta kuliner. Kadang warung nasi ini sudah tidak beroperasi sejak siang persediaan nasi jamblang sudah habis terjual. Warung ini akan buka lagi pada malam hari atau esok harinya.

Penasaran seperti apa nikmatnya nasi jamblang, jika Anda berkunjung ke Cirebon jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas kota berjuluk kota udang ini.

(Sumber)

1142 Total Views    6 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below