Peresmian Padepokan Seni Kota Cirebon

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Dr. H. Wahyo, M.Pd.

KESAMBI – Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei mendatang, dimanfaatkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon untuk menjaga dan membangkitkan kebudayaan yang dimiliki Kota Cirebon. Demi menunjang hal tersebut, Disdik telah melaksanakan launching atau peresmian Padepokan Seni pada hari Rabu (29/04) kemarin, sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kebudayaan yang ada.

Kepala Dinas Pendidikan kota Cirebon, DR. H. Wahyo, M.Pd., menerangkan, peresmian padepokan seni dimaksudkan untuk menguatkan kembali kesenian yang ada di Kota Cirebon. “Menjaga seni tradisi dan kebudayaan Kota Cirebon, menjadi tugas paling utama, karena saat ini dirasakan kebudayaan Cirebon kian tenggelam,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya merasa prihatin karena banyak budaya luar yang masuk turut memengaruhi para remaja usia sekolah. “Setelah kegiatan budaya khas Cirebon ini diresmikan, saya minta tiap-tiap sekolah ikut membawa budaya kemudian diterapkan di sekolah masing-masing. Salah satu caranya dengan memasukan lima kesenian ke dalam pendidikan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Casir Edi Supriyadi, menambahkan, pada tahun ajaran 2015/2016 nanti, pihaknya akan memasukan kesenian ke dalam pendidikan sekolah. Pasalnya, kesenian dan kebudayaan di Kota Cirebon sudah semakin tergerus. “Jika tak diselamatkan dari sekarang, maka tak menutup kemungkinan kesenian di Kota Cirebon bisa hilang. Kalau bukan generasi muda kita yang menjaga dan melestarikannya, siapa lagi. Oleh karena itu, kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk peduli,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

3548 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below