Animo Transmigrasi Cukup Tinggi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon, Drs. H. Deni Agustin.

CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon selalu mempromosikan Program Transmigrasi ke sejumlah wilayah di Indonesia. Hal itu merupakan upaya pemerintah menekan laju kemiskinan dan mempeluas penyebaran penduduk.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon, Drs. H. Deni Agustin, hari Minggu (24/05) kemarin, menjelaskan, sebenarnya animo masyarakat Kabupaten Cirebon terhadap program transmigrasi sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan 50 Kepala Keluarga yang sudah berangkat transmigrasi pada tahun 2014 lalu. “Permintaan warga Kabupaten Cirebon untuk bertransmigrasi cukup banyak setiap tahunnya,” tuturnya.

Hanya saja, animo ini terbentur kebijakan Pemerintah Pusat yang membatasi jumlah peserta transmigrasi. Karena sejak dua tahun terakhir, Pemerintah Pusat lebih fokus pada pembenahan daerah-daerah transmigran. “Di era otonomi daerah sekarang ini, penentuan jumlah peserta ditentukan Pemerintah Pusat. Sedangkan Pemerintah Pusat membatasi jumlah peserta transmigrasi,” katanya.

Meski demikian, pihaknya optimis di tahun 2015 sampai tahun yang akan datang, regulasi transmigrasi, khususnya jumlah peserta, akan ditambah lagi. Sebab, di era Pemerintahan Jokowi-JK, ada program transmigrasi di daerah perbatasan. “Tahun ini dan tahun akan datang akan meningkat lagi, terutama di wilayah perbatasan,” bebernya.

Deni menambahkan, pihaknya juga mengunjungi sejumlah lokasi transmigrasi untuk menjalin kerja sama antar daerah. Hal tersebut juga dimaksudkan agar warga Kabupaten Cirebon merasa nyaman jika sudah menempati daerah transmigrasi. “Kita menjalin komitmen agar warga kami bisa diberikan ruang seperti layaknya warga lokal, sehingga mereka tidak menyesal bertransmigrasi,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

7422 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below