Embung Harus Jadi Skala Prioritas

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, R. Cakra Suseno, SH.

SUMBER – DPRD Kabupaten Cirebon meminta pemerintah daerah agar meningkatkan pembangunan infrastruktur, khususnya embung di setiap wilayah yang berpotensi kekeringan. Hal tersebut untuk mengatasi masalah kekeringan yang saban tahun terjadi di wilayah Kabupaten Cirebon.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, R. Cakra Suseno, SH., hari Selasa (07/07) kemarin, mengutarakan, agar kekeringan tidak lagi menjadi masalah klasik, upaya normalisasi saluran air dan pembangunan embung harus menjadi skala prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Cirebon. “Segera lakukan pembenahan infrastruktur, bangun embung di wilayah yang berpotensi terjadi bencana kekeringan,” terangnya.

Selanjutnya, pembangunan embung itu sangat penting. Saat musim penghujan datang, embung bisa menjadi sarana tempat penampungan air hujan, sehingga bisa meminimalisasi potensi terjadinya bencana banjir. Sebaliknya, pada saat musim kemarau, air yang ditampungnya ini bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah-sawah. “Kita akan dorong, agar pemerintah daerah bisa memprioritaskan pembangunan embung pada tahun anggaran 2016,” jelasnya.

Kemudian, terkait kendala yang dihadapi pemerintah daerah mengenai pembebasan lahan, pihaknya akan berusaha membantu pemerintah. Asalkan Pemda serius dalam merancang pembangunan embung. “Kalau itu tanah masyarakat, kita akan bantu memberikan sosialisasi. Jika tanah desa, kita pun sama. Karena ini demi kepentingan bersama,” ujarnya.

Saat ini, DPRD Kabupaten Cirebon melalui Pansus I tengah membahas pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hal tersebut juga sekaligus menjawab permintaan Bupati Cirebon agar dialokasikan dana cadangan dalam penanggulangan bencana.

Cakra menambahkan, jika BPBD sudah terbentuk, segala jenis program penanggulangan bencana akan dikoordinasikan dalam satu lembaga. Termasuk dana tanggap darurat. “Saya kira melalui badan ini saja, pemerintah bisa langsung mengeluarkan dana jika terjadi bencana alam,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

6695 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below