Stasiun Kejaksan Masih Sepi Pemudik

Suasana Stasiun Kejaksan Cirebon yang tampak lengang.

CIREBON – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, kondisi stasiun kereta api masih sepi pemudik. Seperti yang terlihat di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon, pada hari Senin (06/07) kemarin.

Manager Corporate Communication PT. KAI Daop 3 Cirebon, Supriyanto, mengatakan, jumlah penumpang kereta api masih seperti hari biasa, belum ada lonjakan berarti. “Belum ada lonjakan penumpang yang berarti, masih biasa saja. Tapi diprediksikan puncak arus mudik terjadi pada H-3,” katanya.

Meski demikian, pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2015. Selain itu, jumlah penumpang pada masa angkutan lebaran 2015 diprediksi sejumlah 128.637 penumpang. “Jumlah ini naik sekitar 3 persen dibanding tahun 2014 yang sebesar 124.307 penumpang,” ungkapnya.

Selanjutnya, jumlah tempat duduk yang tersedia untuk kereta api keberangkatan dari Daop 3 Cirebon antara lain KA Argojati dan Cirebon Ekspres baik tambahan maupun reguler sebanyak 4.000 tempat duduk per hari (2 KA Argojati reguler dan 2 KA Argojati tambahan), 3 KA Cireks reguler, 2 KA Tegal Bahari dan 2 KA Cireks tambahan. Jumlah KA-KA yang melewati Daop 3 Cirebon mencapai 162 KA, terdiri dari 104 KA penumpang dan 58 KA barang, serta 30 KA tambahan lebaran terdiri dari 22 KA tambahan dan 8 KA Argojati dan Cireks tambahan. “Jumlah total KA yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 178 KA PP. Sementara, untuk armada lokomotif kami sediakan sebanyak 14 unit dan armada kereta sebanyak 57 unit,” terangnya.

Supriyanto menambahkan, demi menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan angkutan Lebaran 2015, pihaknya mengimbau para calon penumpang untuk segera melakukan pencetakan tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun, untuk menghindari hilangnya struk pembayaran dan antrian panjang pencetakan tiket menjelang keberangkatan kereta. “Bagi masyarakat pemudik maupun umum yang menggunakan kendaraan pribadi atau umum seperti sepeda motor untuk keamanan dan keselamatan dalam perjalanan harap berhati-hati dan waspada ketika melewati perlintasan kereta api yang tidak dijaga maupun yang dijaga,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

8157 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below