Hari Ini, Sosialisasi Perbup Dana Desa

SUMBER – Pemerintah Kabupaten Cirebon menjawab kebuntuan para Kuwu dalam menyusun APBDes. Pasalnya, Peraturan Bupati (Perbup) mengenai Dana Desa dari Pemerintah Pusat yang menjadi acuan APBDes sudah rampung dan siap disosialisasikan di masing-masing Kecamatan pada hari Jum’at (05/06) ini.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Cirebon, Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si., mengutarakan, Peraturan Bupati yang berkenaan dengan Alokasi Dana Desa (ADD), Pemilihan Kuwu dan Dana Desa dari APBN, sudah rampung seluruhnya. “Niatnya hari Kamis (04/06) kemarin mau kita sosialisasikan, tapi karena ada rapat, maka baru hari Jum’at (05/06) ini akan kita sosialisasikan pada Kuwu,” ujarnya.

Kemudian, Peraturan Bupati itu, sudah rampung dan ditandatangani Bupati pada tanggal 20 Mei 2015 lalu. Setelah disosialisasikan pada Kecamatan, barulah tingkat Kecamatan melakukan sosialisasi ke masing-masing desa. “Jadi memang sudah selesai, dan sekarang Kuwu bisa segera menyusun APBDes,” terangnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Cirebon, Memet Surachmat, mengemukakan, pihaknya turut membenarkan jika Peraturan Bupati tersebut sudah rampung. Hingga saat ini, posisi Perbup tersebut masih ada di Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon. Selanjutnya, pihaknya juga berharap, para Kuwu bisa segera menyusun APBDes. Pihaknya yakin, Alokasi Dana Desa tahap pertama tersebut bisa rampung pada bulan Juni ini. “Harus selesai bulan ini dan mudah-mudahan bisa terkejar,” katanya.

Memet menambahkan, terkait pencairan Penghasilan Tetap (Siltap) untuk Kuwu, pada saat ini telah dilakukan untuk sekitar 200 desa. Pencairan pun terus dilakukan secara bertahap. “Ini kan proses semuanya. Dan nanti juga gelombang ketiga akan dicairkan. Semuanya bertahap dan mudah-mudahan Juni ini semuanya rampung,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

8867 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below